XKRESSSX-TECHNOLOGY
BLOG INFORMASI ANAK MUDA.
The Best Infomation Tekhnologi
Visit Blognya | Baca Postnya | Sedot Ilmunya
Enjoy Blogging

Mencegah Masuknya Virus Pada Kompuer

Virus selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna komputer. Virus mampu merusak sistem, hingga menghilangkan data penting kita. Salah satu cara penyebaran virus adalah melalui perangkat flash disk ataupun hard disk eksternal, dimana keduanya merupakan media penyimpanan yang sering kita colok ke komputer teman ataupun komputer di warnet. Internet pun sudah menjadi salah satu media penyebaran virus.
Lantas bagaimana cara melindungi data yang kita milki?

1. Gunakan Antivirus Pada Komputer Sobat.
Saat ini berbagai macam antivirus dengan berbagai merek. Anda bisa memilihnya berdasarkan keinginan Anda. Antivirus yang tersedia pun ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Antivirus berbayar biasa banyak dipilih karena dilengkapi dengan layanan sales after service yang baik. Update database pun dilakukan secara rutin. Apabila Anda sudah menggunakan antivirus, ingat selalu untuk melakukan scan dalam sistem Anda.



2. Jangan Lakukan Double Click.
Saat ingin mengambil data dari flash disk ataupun hard disk, usahakan jangan melakukan double click folder yang ada karena memungkinkan masuknya virus. Bukalah folder melalui Windows Eksplorer yang ada di sebelah kiri.

3. Buatlah Folder Autorun.inf.
Autorun pada windows bisa menjadi jembatan masuk keluarnya virus menuju komputer ataupun laptop. Jika Anda mencolok flash disk ataupun perangkat USB lainnya pada komputer Anda, biasanya feature autorun akan otomatis berjalan. Anda bisa saja mematikan feature tersebut atau buatlah sebuah folder dengan nama autorun.inf. Hal ini akan mencegah virus tersebut membuat sarang baru dengan nama yang sama dengan folder kita, sehingga flash disk ataupun hard disk kita aman dari serangan virus.


4. Nonaktifkan Autorun/Autoplay Pada Komputer.
Mematikan fungsi autorun merupakan hal yang bisa dilakukan untuk melindungi komputer.
Ikuti langkah² berikut:

• Klik Start > Run, ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter. Masuk ke Computer Configuration\ Administrative Templates\ Windows Components\ Autoplay Policies\ kemudian pilih “Turn off Autoplay
• Non aktifkan Autoplay dengan  pilih Enabled, lalu pilih All Drives bila ingin mematikan semua fungsi autorun di semua media termasuk hard disk, atau pilih CD-ROM and removable media drives untuk mematikan autorun hanya di CD ROM dan Flashdisk. Lalu klik OK.


Selamat mencoba ya sobat tips Mencegah Masuknya Virus Pada Kompuer dari saya.
Jangan lupa tinggalkan link blog sobat pada Guest Book atau Box Commentar, Nanti ku Follow, OK!!
Thank's By Admin Virtual Blogger


Posting Komentar - Back to Content

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...